Cara Menghitung Jumlah Kata pada Excel

posted on 13 Sep 2015 08:55 by mrteknositus
Kalau kita ingin menghitung berapa jumlah pertuturan yang sudah aku tuliskan pada Ms. Word, tentu caranya sederhana saja sebab sudah ada pengaturannya di sana. Aku tinggal masuk di menu Tools lantas pilih Word Count, maka dari jumlah kata sampai jumlah karakter atau larik langsung bisa muncul.

Tapi bagaimana tips kita menghitung banyak kata pada Ms. Excel?

Menghitung jumlah kata pada Ms. Excel bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab tidak disediakan kegunaan atau rumus buat itu. Satu-satunya fungsi yang "mirip" kegunaannya adalah fungsi LEN. Namun fungsi tersebut hanya menghitung banyak karakter, bukan kata.

Sebenarnya tips kali ini tidak penting-penting amat. Apa perlunya, coba, menghitung jumlah perintah pada Rumus Rumus Excel? Karena itu Anda tak perlu mempelajarinya, sebab tips kali ini hanya sekedar untuk menuntungkan rasa ingin mengetahui saya saja. Namun demikian tetep harus komen ya! *Maksa. com.

Untuk dapat menghitung jumlah kata dengan sudah kita ketikkan pada excel, member membutuhkan beberapa "komponen" pendukung. Selain LEN, komponen yang beta maksudkan itu ialah: SUBSTITUTE dan TRIM. Kegunaan masing-masing mulai fungsi ini merupakan sebagai berikut:



LEN, seperti yang sungguh saya singgung pada atas, fungsinya adalah untuk menghitung nominal karakter. Dan secara disebut 'karakter' tersebut adalah setiap segala sesuatu yang kita ketikkan pada papan keyboard kita.

SUBSTITUTE, di dalam masalah kali ini digunakan untuk merubah pada setiap tanda baca menjadi spasi. Jadi nanti setiap ada tilas baca, (misalnya koma, titik, dsb. ) akan kita ubah menjadi spasi terlebih dahulu. Sebenarnya fungsi ini tidak kudu kita gunakan jika cara kita menurun sudah benar setara EYD. Sebagai serupa, sebelum tanda koma tidak perlu membubuhkan spasi, setelah semboyan koma harus pakai spasi, dll.

TRIM, fungsinya untuk mendepak spasi yang beruntung. Diantara satu kata dengan kata berikutnya hanya perlu tunggal spasi, namun sesekali kita keseleo jempol sehingga kita menghujat spasi dua kali. Senyampang, kita menulis 'saya(spasi)(spasi)pergi', maka dengan TRIM kalimat tersebut dengan berubah menjadi 'saya(spasi)pergi'.

Comment

Comment:

Tweet